Jumat, 30 Januari 2015

Coelenterata

Filum Coelenterata adalah kelompok hewan yang berongga yang tidak bertulang belakang (baca avertebrata). NamaCoelenterata diambil dari bahasa Yunani yaitu coeleon berarti berongga. Akan tetapi pengertian coelenterata yang lebih tepat adalah tidak memiliki rongga tubuh yang sebenarnya (baca Acoelomata). Coelenterata hanya mempunyai rongga sentral yang disebut coelenteron atau rongga gastrovaskuler, yaitu tempat terjadinya pencernaan dan pengedaran sari-sari makanan.

Filum Coelenterata terdiri dari empat kelas (Adum, 2011) yaitu KelasHydrozoa, Scypozoa, Anthozoa, dan kelas Acnidaria (Ctenophora).
Dalam buku lain, disebutkan bahwa filum coelenterata hanya memiliki tiga kelas yaitu Hydrozoa (Hydra dan Obelia), Schypozoa (Aurelia sp.) dan kelas Anthozoa (Anemon laut, koral batu, koral kapur, dan metridium marginatum) (Sakrinal dan Sinta, 2009). Kelas Ctenophora karena perkembangan ilmu pengetahuan yang lebih baru, dinaikkan ke Filum tersendiri yaitu Filum Ctenophora. Hal ini membuat Kelompok Radiata (baca Radiata) menjadi dua yaitu filum Coelenterata dan Ctenophora.
Struktur tubuh Filum Coelenterata adalah diploblastik yang terdiri atas lapisan luar (ektoderm) dan lapisan dalam (endoderm/gastrodermis). Diantara lapisan ektoderm dan endoderm terdapat laisan mesoglea yang bersifat nonseluler. 
Terdapat lebih dari 10.000 spesies dalam filum Coelenterata yang terdiri atas ubur-ubur, hydra, anemon laut, dan hewan koral. 

Filum Coelenterata Hydra
Hydra anggota Filum Coelenterata

Anatomi Coelenterata Hydra
Anatomi Hydra, Spesies dari Coelenterata source: devbio.biology.gatech.edu
Filum Coelenterata diklasifikasikan menjadi 4 kelas pada buku Adum Rusyana yang menggunakan referensi buku tahun 80 an kebawah, akan tetapi pada referensi diatas tahun 90 an, klasifikasi Coelenterata (Cnidaria) terbagi atas 3 kelas, seperti yang dituliskan oleh Campbell dkk.  
Pembagian Coelenterata menjadi 3 kelas dikarenakan kelas Ctenophoradinaikkan menjadi filum Ctenophora sehingga anggota dari kelompok besarRadiata menjadi dua filum yaitu Coleonterata dan Ctenophora.

Klasifikasi Filum Coelenterata yang terdiri 3 kelas yaitu Hydrozoa, Schypozoa, dan kelas anthozoa didasarkan atas perbedaan bentuk atau morfologi ketiganya. Kelas Hydrozoa berbentuk seperti hydra atau tabung yang bertentakel. Kelas Anthozoa berbentuk seperti karangan bunga di dalam laut. Kelas Schypozoa berbentuk seperti payung. 

polip obelia coelenterata
polip Obelia, coelenterata
medusa Aurelia aurita

polip Metridium, Coelenterata
Pengklasifikasian Coelenterata juga berdasarkan metagenesis yang terjadi pada tiap kelas yang ada. Kelas Hydrozoa memiliki fase polip yang dominan dan medusa yang singkat, sedangkan kelas anthozoa tidak memiliki fase medusa (hanya fase polip) sedangkan kelas Schypozoa memiliki fase medusa yang dominan (bahkan fase polip hampir tidak terjadi). 

metagenesis Aurelia aurita

metagenesis Obelia

Selain karena dua diatas, Coelenterata juga diklasifikasikan atas dasar nematokist. Pada kelas Hydrozoa, tidak terdapat nematokist. kelas Anthozoa memiliki nematokist pada tentakelnya, begitupun dengan kelas Schypozoa.

Selain dari itu juga didasari atas kapasitas sistem saraf yang dimiliki oleh ketiga kelas. 
Sekian tulisan tentang Klasifikasi Coelentarata,saya harap dapat menjawab rasa keingintahuan anda terhadap coelenterata

sumber http://jurusanbiologi.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar